Jumat, 16 November 2012

Pohon ?

Terkadang, gue merasa gue itu harus jadi sebuah pohon. Itu imajinasi sementara gue aja sih. Kenapa gue memilih untuk menjadi pohon ? Ada alasannya, karena pohon itu sudah pasti merindangkan seluruh permukaan di Bumi ini. Bayangin aja jika di satu kawasan ga ada pohonnya sama sekali. Apa yang akan terjadi ketika ngga ada pohonnya ? Sudah pasti semua makhluk hidup akan kepanasan. Ga da tempat berteduh dan gak bisa ngambil buah dari pohon itu ketika musim berbuahnya tiba. Menurut gue, sangat hebat jika kita memikirkan kembali alam ini. Pohon ga pernah mengeluh kalo kita duduk seharian didekatnya, ngambil buahnya tanpa seizinnya, buang air kecil dipohon dan semacamnyalah. Mana ? Ga mungkin pohon akan mengeluh. Coba aja klo pohon bisa ngomong, mungkin dia akan bilang kea gini, “Anjrit Loe Manusia ! Loe gak pernah ngerti perasaan gue. Sakit tau klo loe terus-terusan giniin gue. Pohon juga manusia bro ( lho lho lho ).” Itu ilustrasi aja bro, haha.

Kurang baik apalagi pepohonan ama kita ? Menurut gue, pohon itu adalah salah satu makhluk hidup yang mempunyai nilai kegunaan yang tinggi. Selain mampu merindangkan alam ini, pohon juga memiliki bagian-bagian yang bisa di manfaatkan sebagai kebutuhan hidup manusia. Seperti kayu-kayu yang bisa dipake buat rumah atau juga buah nya yang bisa kita makan. Tetapi gue merasa kecewa dengan kekuasaan yang sangat-sangat ga menghormati pohon. Mentang-mentang nih yee, kalo ada pengembang yang akan mencari kayu jati, tapi ga ada bukti tertulis kepada pemerintah alias pengembang liar, mereka tuh dengan seenaknya aja nebangin ribuan pohon pake Buldoserlah, pake gergaji mesin lah  atau apa kek yang mungkin akan menghancurkan ekosistem alam ini. Apa-apaan coba, mereka Cuma mementingkan uang dari pada keanekaragaman Hayati yang telah menghijaukan seluruh dunia. Uang uang dan uang. Manusia telah di perbudak dengan Uang ! Apa mereka gak punya otak ya, sampe sampe harus mengorbankan keanekaragaman hayati Bumi Pertiwi ini ? Anjrit loe pada !

          Apa sih salah pohon sama kita ? Dia yang menyebabkan banjir ? Bukan, malah pepohonan yang akan menghindari kita semua dari bencana Alam Banjir. Malah akar-akar yang tumbuh gede itu membuat pohon itu menyerap air. Tapi itu sekarang hanya menjadi tinggal kenangan semata. Gue gak bisa ngebayangin, jika setiap satu menit ada aja pohon-pohon yang bertumbangan dikarenakan oleh ulah manusia yang ga bertanggung jawab. Bencana alam akan menghantui kita semua guys. Apa loe mau mati muda sebelum loe kawin dengan orang yg diicintai ? Pasti ga mau kan ? Itu dampak jangka panjangnya. Apalagi sekarang nih makin menjadi-jadi panas dari suhu Buminya. Suhunya sangat-sangat panas. Dehidrasi ga terhindarkan dan kehausan melanda masyarakat dunia. Apa itu yang akan kita wariskan terhadap anak cucu kita kelak ?

         Sebagai seorang yang hidup di zaman modern ini kita gak bisa memungkiri lagi kalo kekuasaan itu hanya berada di ranah Politik dan Uang. Padahal, jika kita semua bisa berpikir secara dewasa, gak mungkin yang namanya pohon itu bakalan ditebangin secara liar. Ga ada gunanya buat masyarakat Indonesia ini. Palingan juga ada nya Cuma keuntungan sesaat. Iye, uang nya loe dapet sekarang tapi loe bakalan menderita seumur hidup. Dan yang kena imbas dari semua ini bukan loe aja, tapi orang-orang disekitar loe yang gak tau apa-apa juga bakalan kena imbasnya. Wahai manusia yang hanya diperbudak oleh uang, coba berpikir secara rasional sekarang juga. Di dunia ini ada yang namanya ajarang Causalitas. Dimana sebab akibat itu berlaku pada apa yang telah loe lakuin. Klo loe nanemin kebiasaan baik, ending bakalan baik juga. TAPI klo loe semua nanemin iktikad yang gak baik, maka at least loe bakalan dapetin tuh yang namanya karmapala.

        Jadilah orang yang berpikir cerdas dan memiliki pemahaman yang membutuhkan penalaran tinggi. Jangan jadi kambing congek yang bisanya Cuma disuru makan rumput doang. Kita semua disini adalah satu kesatuan bro. Ciptakanlah iklim yang sehat untuk masa depan kita semua. Jangan jadikan uang aja sebagai alasan untuk berpikir Irrasional. Tolonglah bro, gue mohon untuk kita semua sadar. Mari hijaukan bumi pertiwi ini dengan menanam pohon agar kelestarian alam ini terbentuk. Kalo bukan kita siapa lagi ?

0 komentar:

Posting Komentar