Sabtu, 08 Desember 2012

TIPS MEMBACA BUKU

Buku merupakan jendela dunia, buku juga merupakan gudang ilmu. Dengan membaca buku kita dapat memperoleh informasi yang sebelumnya belum kita ketahui. Tapi belum semua orang tahu bagaimana cara membaca efektif di setiap buku yang ia baca. Sebenarnya ada banyak tips membaca efektif yang bisa di terapkan, dari mulai membaca efektif dengan metode SQ3R yaitu survey, question, read, recite, review sampai metode scanning, skimming dan sebagainya.

Agar bacaan yang kita baca tidak berlalu begitu saja dari ingatan, mari kita pahami dan lakukan tips membaca buku secara efektif berikut ini.

1. Memilih Topik Bacaan
Ada beberapa orang yang tidak melanjutkan bacaan yang sedang ia baca karena di tengah-tengah kegiatan membaca ia merasa topik bacaan tersebut tidak menarik baginya. Hal ini tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan membaca efektif. Pilihlah topik bacaan yang menarik, yang menggugah Anda untuk menyelesaikan bacaan tersebut sampai tuntas.

2. Baca Secara Detail
Jangan malas untuk membaca bagian sampul belakang buku dan daftar isi serta pengantar maupun abstraknya. Karena dari sinilah anda akan di tuntun menuju bacaan pokok. Cermati isi bacaan lalu cobalah menghubungkan ide-ide yang terkait, pertimbangkan berbagai sudut pandang, jangan lupa juga untuk mengetahui prinsip-prinsip atau kunci dari bacaan yang anda baca, dan yang paling penting adalah mentransfer pengetahuan dari bacaan tersebut.

3. Pintar Memilih Waktu
Waktu yang tepat dalam membaca buku merupakan salah satu kunci sukses dalam membaca efektif. Kita tidak dapat membaca buku dengan waktu yang serampangan. Sebisa mungkin jangan biarkan Anda menunda buku yang sedang Anda baca, karna hal itu dapat mengurangi bobot pemahaman dan memotong pikiran untuk memahami isinya. Ada orang yang memlih waktu membaca di malam hari, karna baginya saat itu merupakan saat yang paling tenang untuk melakukan kegiatan tersebut, ada juga yang melakukannya di tengah-tengah perjalanan jauh atau saat sore hari sambil bersantai minum teh. Tapi hal tersebut kembali lagi pada diri Anda.

4. Membaca Kontemplatif
Jangan biarkan buku yang telah Anda baca terlihat mulus begitu saja apalagi sampai lupa isinya. Saat membaca buku, peganglah pensil atau pulpen untuk menandakan bagian yang menurut Anda kurang dimengerti atau yang menurut Anda kurang menarik. Tandai, lingkari atau kasih komentar. Hal tersebut dapat melatih kecerdasan pikiran Anda. Anda juga dapat memberi catatan kecil di setiap bacaan yang Anda tidak suka atau tidak sependapat dan sebagainya.

5. Mind Mapping
Buatlah garis besar isi buku setelah Anda selesai membaca. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memahami lebih dalam apa yang baru saja Anda baca.
Bagaimana? Mudah Bukan.

Sumbernya bisa di KLIK langsung guys :)

0 komentar:

Posting Komentar